Jumat, 06 Februari 2009

SKS, kira-kira berhasil ga ya?


Kita pasti sering mendengar istilah SKS, SKS yang merupakan singkatan dari sistem kebut semalam. Sistem ini bukan merupakan sistem belaar yang baik. Sistem belaar yang baik adalah kita harus sering mengulang pelaaran, tidak terpaku pada ada uian atau tidak. Kita uga harus sering latihan soal, terutama untuk pelaaran berhitung, seperti matematika.

Sistem kebut semalam terbukti tidak ampuh untuk memperoleh nilai yang memuaskan. Untukkita yang akan menghadapi uian, sebaiknya kita mempersiapkannya satu bulan sebelumnya. Ika akan menghadapi uian nasional (UN), kita harus mempersiapkan enam bulan, bahkan kalau bias satu tahun sebelumnya.
Ada hal penting yang perlu kita ingat, tuuan utama dari ulangan itu kan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam memahami materi pelaaran. Jadi, alangkah baiknya kalau kita mengerjakan ulangan dengan usaha kita sendiri.
SKS sangat Merugikan Karena :
1. Membuat kita tidak tenang. Kita harus menghafal hanya pada malam sebelumnya, secara terburu-bueru. Bahkan, tidak jarang gara-gara SKS kita adi tidak bias tidur karena gelisah.
2. Kirang memahami materi. Karena hanya memiliki waktu sedikit, kita jadi tidak dapat memahami plajaran dengan baik. Apalagi untuk pelajaran menghitung karena untuk pelaaran ini kita harus banyak latihan.
3. Manambah kemalasan. Ika nilai uian yang kita dapatkan kurang memuaskan, kita semakin malas belaar lagi. Waduh, kalau sudah begini nilai kita bias jadi semakin hancur.

Tidak ada komentar: