Minggu, 08 Februari 2009

Tips Belajar


1. Belajar yang baik adalah dengan memahami pelajaran sehingga untuk menghafal pun akan menadi lebih mudah. Karena, kalau kita sudah meahami suatu materi, ateri itu akan dapat kita ingat sampai uian-uian selanjutnya. Kalaupun lupa, untuk mengingatnya kembali akan lebih mudah.
Nah, untuk pelaaran menghitung kuta harus banyak mengrjakan latihan soal. Kita dapat membali buku latihan soal untuk tambahan atau pelengkap belajar supaya lebih paham.
2. Meringkas pokok-pokok pelajaran. Untuk meringkas pokok-pokok pelajaran apalagi itu pelajaran menghafal,kita dapat menggunakan teknik peta konsep.
Teknik peta konsep ini banyak digumakan karena sangat membantu memahami dan menghafal. Dengan teknik ini kita juga dapat mengembangkan kreativitasdan membuat ringkasan itu lebih menarik untuk di pelajari.
3. Waktu belajar yang tepat dan suasana belaar yang nyaman. Waktu belajar yang tepat adalah saat badan kita masih segar. Biasanya pagi hari saat kita baru bangun tidur. Agar lebih segar angan lupa menggosok gigi dahulu.
Untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman, bias belajar sambil mendengarkan music atau kita belajar di teras rumah.
4. Jembatan keladi dan latihan soal. Jembatan keladi adalah kumpulan kata-kata untuk mudah menghafalnya. Misalnya mana warna-warna pelangi, dapat di singkat MEJIKUHIBINIU , singkatan dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Untukmembantu menghafal jembatan keladi, temple saja catatan di kamar tidur supaya sebelum tidur kita dapat membacanya.
5. Jangan lupa istirahat. Belajar serius memang di haruskan, tapi jangan lupa untuk istirahat. Karena otak kita juga akan lebih segar kalau diberi istirahat. Otak segar, badan tidak letih, maka belaarpun makin semangat.
Dengan demikian saat ingin menerima materi baru, otak kita tidak pusinng.

Tidak ada komentar: