Senin, 26 Januari 2009

Kalau Harus Jajan...


1. Biasakan membeli makanan atau minuman di tempat yang bersih, tertutup dan tidak dihinggapi lalat, seta jauh dari selokan atau jalanan berdebu.

2. Perhatikan kemasan makanan. Baca tanggal kadaluwarsa, pilih kemasan yang masih utuh, warna kemasannya tidak kusam, tidak bocor dan tidak berlubang.

3. Untuk menghindari bahan pewarna kimia berbahaya, hindari makanan dan minuman yang berwarna mencolok dan jika dikonsumsi, meninggalkan bekas warna pada lidah atau jari.

4. Hindari juga cireng, bakso, tahu, atau siomai yang sangat kenyal, karena besar kemungkinan mengandung boraks dan formalin. Bila makanan itu menggunakan saus, bubuhkan sedikit saja.

5. Wapadai jajanan yang rasanya sangat gurih atau manis, tetapi setelah dimakan ada rasa getir dan pahit di lidah, atau meninggalkan rasa haus. Bisa jadi makanan itu mengandung penguat rasa yang berlebihan, yang membahayakan kesehatan.

6. Ingin jajan yang aman dan bikin sehat?
Utamakan jjanan berupa jus buah asli, buah segar atau roti, daripada makanan dalam kemasan yang berpotensi mengandung tambahan zat kimia.

Soleman JIP'08 FIB UI

Tidak ada komentar: